Minggu, 05 Februari 2012

Keadaan Alam

Indonesia adalah negara kepulauan. Tak heran, Indonesia mempunyai beribu-ribu pulau. Ada lima pulau besar, sisanya adalah pulau-pulau kecil yang tak terhitung banyaknya.
  • Pulau Jawa luasnya 134.045 km persegi.
  • Pulau Sumatra luasnya 473.605 km persegi.
  • Pulau Madura luasnya 5.587 km persegi.
  • Pulau Kalimantan luasnya 751.100 km persegi.
  • Pulau Papua luasnya 421.981 km persegi.
  • Pulau Sulawesi luasnya 189.040 km persegi.
Pulau Jawa, Madura, Sumatra, dan Kalimantan adalah pulau-pulau yang bergabung dan membentuk satu dangkalan, namanya Dangkalan Sunda (Sunda Shelf). Keunikan Dangkalan Sunda adalah kedalaman lautnya tidak lebih dalam dari 250 m. Walaupun demikian, laut ini tetap mempunyai tumbuhan laut dan hewan laut yang tergolong hewan bagian Indo-Malaya.
Sedangkan Pulau Papua dan Pulau Aru di dekatnya adalah termasuk ke dalam Dangkalan Sahul. Laut di daerah ini umumnya tidak dalam. Hewan laut yang terdapat umumnya mirip hewan bagian Austro-Malaya.
Keadaan Geografis Indonesia yang Berbukit-bukit
Antara Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul terdapat pulau Nusa Tenggara dan Sulawesi. Laut di daerah ini memiliki kedalaman 5.000 m. Alfred Russel, seorang peneliti berkebangsaan Inggris menemukan perbedaan yang sangat kontras antara jenis hewan di Bali dan Lombok. Oleh karena itu, batas antara Sunda dan Sahul sekarang dikenal Garis Wallace.
Indonesia memiliki sekitar 400 gunung berapi, 130 gunung berapi aktif, sisanya sudah mati. Sebagian besar gunung itu tersebar sepanjang selatan pulau Indonesia. Mulai dari utara Sumatra selanjutnya bersambung pesisir barat, melewati pulau Jawa, Bali, dan bagian timur pulau Lombok, Sumbawa, dan Flores, dan berakhir di Laut Banda.
Gunung berapi yang letusannya dirasakan oleh sebagian Indonesia adalah letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Letusan gunung itu menyebabkan sebagian besar penduduk Jawa dan Sumatra meninggal. Ada juga letusan lainnya, yaitu letusan gunung Tambora tahun 1815. Letusan gunung Tambora adalah letusan paling menghancurkan dan mengakibatkan 10.000 orang meninggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar